Kamis, 22 Oktober 2015

Sarah Aulia Abidzah - Faktor Pendorong Adanya Komputerisasi Pada Perusahaan Dan Contoh Beserta Alasan Ekonomi

FAKTOR PENDORONG ADANYA KOMPUTERISASI PADA PERUSAHAAN DAN CONTOH BESERTA ALASAN EKONOMI


Dalam era globalisasi dewasa ini penggunaan komputer sangat di perlukan, dimana dunia semakin terasa sempit karena kemajuan teknologi, terutama di bidang informasi, komunikasi dan teknologi. Terlihat tuntutan tugas bagi semua pihak yang semakin meningkat dan semakin berat. Dikalangan organisasi pemerintah baik ditingkat pusat maupun ditingkat daerah, mereka terasa perlu penyelesaian tugas umum pemerintahan dan pembangunan dengan cepat berdaya guna dan berhasil guna.
Komputer adalah mesin elektronik yang secara otomatis dan luar biasa cepatnya mempergunakan kode-kode tertentu menurut cara kerja yang telah ditetapkan dapat mengolah bahan, keterangan menjadi informasi yang berguna untuk suatu keperluan, mesin ini dapat melakukan segala macam tata cara berhitung, melaksanakan pemuatan memilih, menggolongkan atau memilah-milah dan menyelesaikan pekerjaan. Komputer merupakan mesin yang pintar, komputer dapat melakukan rumusan perhitungan dalam waktu yang singkat. Komputer dapat menggambarkan grafik yang sulit dibayangkan oleh manusia. Komputer dapat memberikan analisis berdasarkan ribuan variable dan memberikan hasil yang dapat digunakan manusia untuk memprediksi gejala-gejala acak. Komputer mengubah cara manusia hidup. Namun, di luar itu semua komputer tidak lebih pintar dari pada manusia, semua yang dapat dilakukan komputer merupakan instruksi manusia. Komputer tidak dapat menciptakan sendiri instruksi-instruksi tersebut. Oleh karena itulah, mesin komputer membutuhkan perangkat lunak (sofware) yang dibuat manusia, tanpa perangkat lunak, komputer tidak bermanfaat.
Komputerisasi adalah kegiatan atau usaha untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan yang biasanya dikerjakan secara manual kemudian diubah dengan menggunakan alat bantu berupa komputer.
Komputerisasi perlu dalam sebuah perusahaan yang belum menggunakan komputer, maka hampir semua pekerjaan dilakukan secara manual. Jumlah pegawai dan sekaligus jam kerjanya akan terus berkembang sesuai dengan makin banyaknya tugas kerja yang harus diselesaikan.
Sebagai contoh kantor notaris, jika suatu kantor notaris menggunakan komputer, maka mereka bisa menyimpan data-data pokok yang nyaris tak mengalami perubahan, dari akte yang satu ke akte yang lain. Bahkan sampai ribuan akte sekalipun. Selanjutnya, mereka hanya perlu memasukkan data-data variable yang dibutuhkan, yang meliputi pihak-pihak yang terlibat dalam akte tersebut, serta objek yang dibicarakan dalam akte tadi, serta klausul-klausul yang perlu dicatat dalam akte tadi. Dengan penggambaran tadi maka kiranya banyak orang sependapat bahwa kantor notaris memerlukan komputer untuk membantu mempercepat pekerjaan pengetikan secara manual yang tak selalu bebas dari kesalahan. Jika data-data pokok sudah tersimpan di komputer, dan sudah benar, maka pekerjaan pengetikan komputer pasti tak akan pernah salah.
Dilihat dari segi ekonomisnya, penggunaakn komputerisasi dapat menghemat biaya yang dikeluarkan dalam bekerja. Semakin maraknya penggunaan komputerisasi akan semakin membuka lapangan pekerjaan. Bisnis yang mengandalkan komputerisasi dapat mempermudah transaksi-transaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk. Selain dari segi ekonomosi penggunaan komputerisasi dapat dilihat dari :
1. Ketepatan dan Ketelitian
Komputer mampu menghitung dengan teliti, bahkan untuk bilangan-bilangan pecahan yang sangat banyak. Komputer akan membantu pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi demi suatu hasil yang benar-benar prima.
Penggunaan komputer menjadikan kerja lebih cepat, karena di dalam komputer banyak sekali program-program yang dapat membantu menyelesaikan tugas dengan cepat. Bekerja dengan menggunakan komputer juga akan membuat pekerjaan kita lebih bermutu. Selain itu bekerja menggunakan komputer juga dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam bekerja sedangkan jika menggunakan sistem manual, rawan sekali terjadi kesalahan.
2. Kecepatan
Penggunaan komputer memudahkan seseorang untuk berhubungan langsung dengan orang lain dalam tempo yang cepat, tanpa harus bertemu langsung dengan orang yang akan kita ajak bicara. Dengan demikian proses komunikasi dapat berlangsung dengan cepat dan efisien.
Kecepatan penggunaan komputer juga merupakan salah satu unsur dalam mempertimbangkan penggunaan komputer. Komputer bekerja dengan kecepatan elektronis yang sangat tinggi, yang jauh melampaui kemampuan manusia. Kecepatan diperlukan, jika jumlah data semakin membesar, dan jika perhitungan-perhitungan makin rumit.
download filenya disini

0 komentar:

Posting Komentar